4 Pilihan Makanan Khas Banten yang Wajib Dicicipi
abrafin.org – Banten merupakan salah satu provinsi yang ada di Indonesia dan berada di ujung barat Pulau Jawa. Seperti daerah Indonesia lainnya ada beberapa pilihan makanan khas Banten yang wajib dicicipi ketika berada di daerah ini.
Makanan khas masing-masing daerah di Indonesia dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya adalah faktor geografisnya. Di mana jika daerah tersebut berada di pesisir pantai maka makanan khasnya kebanyakan memanfaatkan bahan dasar yang mudah didapat seperti ikan dan lain sebagainya.

4 Pilihan Makanan Khas Banten

Pilihan Makanan Khas Banten. Foto Hanya Ilustrasi. Sumber Foto: Unsplash.com/Inna Safa
Dikutip dari laman resmi BPKP https://www.bpkp.go.id, Banten dikenal dengan peninggalan sejarah dari zaman megalitikum hingga penjajahan Jepang. Selain kaya akan sejarah daerah ini juga kaya akan kebudayaan dan tradisi, termasuk dalam hal kuliner.
Banten memiliki beberapa pilihan makanan khas yang wajib dicicipi oleh siapa saja yang datang ke sana. Untuk makanannya apa saja cek pada pembahasan berikut ini.

1. Sate Bandeng

Berbeda dengan olahan ikan bandeng pada umumnya, Sate Bandeng khas Banten menghadirkan sensasi unik dengan daging bandeng yang dipotong kecil-kecil, ditusuk sate, dan dibakar.
Bumbunya yang kaya rempah dan pedas manis menghasilkan cita rasa yang begitu khas dan memanjakan lidah.

2. Rabeg

Rabeg merupakan salah satu makanan khas dari Banten yang merupakan perpaduan antara daging kambing dengan rempah yang menggoda selera. Makanan khas ini merupakan salah satu jenis makanan yang disukai oleh pecinta kuliner pedas.
Rabeg terbuat dari daging kambing yang dimasak dengan santan dan rempah-rempah khas Banten, menghasilkan kuah berwarna hitam pekat dengan rasa gurih dan pedas yang meresap sempurna. Biasanya disajikan dengan nasi putih hangat dan emping.

3. Gerem Asem

Gerem asem menjadi makanan khas Banten lainnya yang wajib dicicipi. Makanan ini merupakan makanan berbentuk seperti sup yang memiliki cita rasa unik yaitu pedas, asin dan gurih.
Konon, kuliner ini sudah ada sejak zaman Kerajaan Banten. Bahan utama gerem asem bisa ayam kampung atau bebek, dan rasanya cukup segar jika dinikmati dengan nasi panas.

4. Angeun Lada

Angeun Lada, atau sayur lada, merupakan hidangan khas Banten yang kaya akan sayuran dan rempah-rempah. Sayuran seperti kacang panjang, labu siam, dan terong dimasak dengan santan dan bumbu lada yang pedas, menghasilkan rasa gurih dan pedas yang menghangatkan tubuh.
Beberapa makanan khas Banten tersebut wajib dicicipi ketika berada atau sedang liburan di daerah Banten. Makanan tersebut merupakan makanan yang bisa memanjakan lidah dan perut.
Baca Juga:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *