Baso Aci: Kuliner Tradisional Sunda yang Digemari di Era Makanan Lokal

Baso Aci: Kuliner Tradisional Sunda yang Digemari di Era Makanan Lokal
abrafin.org – Di tengah kecanggihan kuliner modern yang semakin berkembang, masyarakat kini semakin mengapresiasi kembali cita rasa makanan tradisional. Salah satu contohnya adalah Baso Aci, hidangan khas dari Sunda yang kini kembali populer di berbagai kota di Indonesia.
Baso Aci, atau biasa disebut juga Baso Tahu Aci, merupakan salah satu kuliner tradisional Sunda yang terbuat dari campuran tepung aci (kanji) dan tahu yang dicampur dengan berbagai bumbu rempah-rempah khas. Kemudian, adonan tersebut dibentuk bulat seperti bakso dan direbus hingga matang.
Salah satu yang membuat Baso Aci begitu digemari adalah teksturnya yang kenyal dan kenikmatan cita rasanya yang unik. Selain itu, keberadaan tahu dalam campuran juga memberikan nilai tambah dalam hal gizi.
Menariknya, meskipun Baso Aci adalah hidangan tradisional, namun kini telah mengalami banyak inovasi dalam penyajiannya. Tak hanya disajikan dengan kuah khas, Baso Aci juga bisa dinikmati dengan berbagai macam saus, seperti saus kacang, saus sambal, atau saus pedas lainnya sesuai selera masing-masing.
Tidak heran jika Baso Aci kini menjadi salah satu favorit di kalangan pecinta kuliner. Tak hanya di warung-warung tradisional, Baso Aci juga mulai hadir di berbagai cafe dan restoran dengan sentuhan modern dalam penyajiannya.
“Kami melihat minat masyarakat terhadap makanan lokal semakin meningkat, dan Baso Aci adalah salah satu produk yang memiliki potensi besar untuk terus dikembangkan,” ujar salah seorang pemilik warung Baso Aci di kawasan Bandung.
Selain itu, keberadaan media sosial juga turut mendukung popularitas Baso Aci. Banyaknya foto dan ulasan positif tentang hidangan ini membuatnya semakin dikenal oleh masyarakat luas
Dengan kembalinya minat masyarakat terhadap makanan tradisional seperti Baso Aci, diharapkan akan semakin banyak lagi kuliner-kuliner lokal lainnya yang bisa terus eksis dan menjadi bagian dari warisan kuliner bangsa yang patut dilestarikan.
Baca Juga:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *