Seblak: Kuliner Pedas Bikin Jutaan Orang Terpikat

Seblak: Kuliner Pedas Bikin Jutaan Orang Terpikat
abrafin.org – Seblak merupakan makanan khas Sunda yang kini popular di kalangan luas. Makanan ini memiliki rasa yang gurih dan di padukan dengan rasa pedas dengan rempah utamanya kencur dan bawang putih kini bisa dengan mudah dicari dan dibuat.
Asal-usul kata seblak, nyeblak dalam Bahasa Sunda memiliki arti mengagetkan. Ada juga yang menyebutkan, seblak berasal dari kata “nyegak” jika di artikan menyengat. Dari kata menyengat ini sangat pas dengan karakter makanan seblak yang menyengat jika sedang di masak.

Ciri Khas Seblak

Makanan yang memiliki ciri khas pedas dengan rasa kencur dan bawang putih yang cukup kuat ini sebenarnya sudah cukup lama ada. Makanan ini juga telah dikenal sebagai salah satu sajian khas Sunda yang kerap di jual di mana saja.
Pada awalnya seblak hanya berbahan dasar kerupuk saja yang direbus jadi lembek dan basah dan di campurkan dengan bumbu kencur, bawang putih dan cabai. Kemunculan awalnnya seblak tak memiliki topping atau pelengkap seperti saat ini. Memiliki rasa gurih, pedas, dan asin membuat popularitas seblak kian meroket. Varian seblak di masa kepopulerannya yakni berupa seblak basah dengan isian telur, siomay, makaroni, ceker, tulang ayam, mi basah, bakso.

Bahan Membuat Seblak

2 ruas kencur
2 butir bawang merah
1 butir bawang putih
5 buah cabe rawit merah (sesuai selera pedas)
3 buah cabe keriting merah
  • Tumis cabe merah dan bawang putih halus hingga wangi dan matang.
  • Tuangkan air, didihkan.
  • Masukkan kerupuk, dan topping lainnya
  • Tambahkan garam, merica dan gula lalu didihkan.
  • Tuangkan telur, aduk hingga kental.
  • Angkat dan sajikan hangat.
Itu dia sejarah dan asal-usul seblak, arti dan ciri khasnya serta resep dan cara membuatnya. Semoga membantu.
Baca Juga:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *