Nasi Megono : Kuliner Khas Kota Pekalongan
abrafin.org – Di kota Pekalongan, Jawa Tengah, terdapat sebuah hidangan tradisional yang populer dan menjadi bagian dari warisan kuliner lokal. Nasi Megono merupakan salah satu kuliner yang menjadi kebanggaan masyarakat kota Pekalongan dan memiliki cita rasa yang unik serta menggugah selera.

Asal Usul Nasi Megono

Nasi Megono merupakan hidangan tradisional yang berasal dari Kota Pekalongan. Nasi Megono pertama kali diciptakan oleh para ibu rumah tangga Pekalongan. Megono sendiri berasal dari bahasa Jawa yang berarti “megangono” atau mengaduk-aduk, menggambarkan cara pengolahan daun singkong dalam hidangan ini.

Cara Pembuatan

Bahan utama dalam Nasi Megono adalah nangka muda yang dipotong kecil-kecil kemudian dicampur dengan kelapa parut dan bumbu rempah yang khas. Bumbu yang digunakan untuk Nasi Megono antara lain bawang merah, bawang putih, ketumbar, kemiri, dan cabai. Semua bumbu dihaluskan dan kemudian ditumis hingga harum lalu dicampur dengan nangka muda yang sudah dipotong.

Cara Penyajian

Nasi Megono biasanya disajikan dalam bentuk hangat, bersama dengan nasi hangat, tempe hangat, dan sambal. Namun, Nasi Megono dapat disajikan bersama dengan lauk tambahan seperti telur ceplok, ayam goreng, dan cumi hitam. Kombinasi cita rasa nasi dengan Nasi Megono dengan bumbu rempah yang khas membuat hidangan sangat memikat dan cocok dinikmati sebagai menu makan pagi, siang atau malam.
Nasi Megono adalah salah satu kuliner khas yang menjadi identitas dari Kota Pekalongan. Keunikan cita rasa dan cara penyajiannya yang sederhana namun menggugah selera membuat hidangan ini menjadi favorit banyak orang. Bagi siapa pun yang berkunjung ke Kota Pekalongan wajib untuk merasakan kuliner Nasi Megono ini.
Baca Juga:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *