Menikmati Kelezatan Kuliner Khas Samarinda: Cita Rasa Kalimantan Timur yang Memikat

Menikmati Kelezatan Kuliner Khas Samarinda: Cita Rasa Kalimantan Timur yang Memikat

abrafin.org – Samarinda, ibu kota Provinsi Kalimantan Timur, Indonesia, adalah tempat di mana kekayaan budaya dan keindahan alam berpadu menjadi sesuatu yang unik. Selain keindahan alamnya, Samarinda juga dikenal dengan beragam hidangan lezatnya yang menggoda lidah para pelancong makanan. Mari kita telusuri beberapa kuliner khas Samarinda yang tak boleh dilewatkan:

1. Pecel Lele Khas Samarinda

Pecel lele, atau sering disebut pecel lele bu Jum, adalah salah satu hidangan ikonik Samarinda yang paling populer di kalangan penduduk lokal maupun wisatawan. Pecel lele ini terdiri dari lele yang digoreng garing disajikan dengan nasi hangat, lalapan segar seperti mentimun, tomat, dan daun kemangi, serta sambal khas Samarinda yang pedas dan menggugah selera.

2. Soto Banjar

Meskipun mungkin lebih dikenal sebagai hidangan khas Banjarmasin, Soto Banjar juga sangat populer di Samarinda. Soto Banjar adalah sup ayam khas Kalimantan Selatan yang kaya akan rasa rempah-rempah. Biasanya disajikan dengan nasi, potongan daging ayam yang empuk, irisan telur rebus, serta bawang goreng dan daun bawang sebagai taburan.

3. Mie Belitung

Mie Belitung adalah hidangan mie yang terbuat dari mie kuning tebal yang disajikan dengan kuah kental yang beraroma khas, potongan daging sapi atau ayam, serta pelengkap seperti tauge, telur rebus, dan daun bawang. Hidangan ini sering disajikan dengan sambal pedas untuk memberikan tambahan cita rasa yang nikmat.

4. Kue Jalangkote

Kue jalangkote adalah jajanan khas Samarinda yang terbuat dari adonan tepung yang digoreng hingga renyah. Isian kue ini bisa bervariasi, mulai dari kentang, wortel, telur, hingga daging cincang. Kue jalangkote biasanya disajikan dengan saus pedas atau saus kecap untuk menambah cita rasa.

5. Kerupuk Udang Samarinda

Kerupuk udang Samarinda adalah camilan ringan yang terbuat dari campuran udang segar, tepung terigu, dan rempah-rempah, yang kemudian digoreng hingga kering dan renyah. Kerupuk udang ini sering disajikan sebagai pendamping hidangan utama atau sebagai camilan di antara waktu.

Nikmati Kuliner Khas Samarinda yang Memikat

Dengan keunikan rasa dan aroma, kuliner khas Samarinda memang layak untuk dinikmati dan dieksplorasi oleh para pecinta makanan. Jika Anda berkunjung ke Samarinda, pastikan untuk mencicipi kelezatan kuliner lokal yang menggoda ini dan memberi pengalaman kuliner yang tak terlupakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *