5 Makanan Khas Aceh yang Wajib Dicoba Saat Liburan ke Sana

abrafin.org – Aceh, salah satu wilayah di Indonesia yang memiliki keunikan tersendiri. Salah satu keunikan dari Aceh adalah makanannya yang khas. Ada beberapa makanan khas Aceh yang wajib dicoba saat liburan ke sana.

Makanan khas Aceh memiliki beberapa ciri khas, salah satunya adalah penambahan belimbing sayur saat mengolah ikan dan juga penggunaan rempah yang kuat.

5 Makanan Khas Aceh

Dikutip dari buku Sejarah Makanan dan Bumbu Khas Aceh yang Melegenda karya Tempo Publishing, (2020), bahwa ada beberapa makanan khas Aceh yang sudah legendaris.
Makanan-makanan tersebut memiliki cita rasa yang khas dengan rempah-rempah yang kuat. Berikut adalah beberapa makanan khas Aceh yang wajib dicoba ketika sedang liburan ke sana.

1. Kuah Pliek U

Kuah pliek u merupakan gulai patarana yang memiliki rasa agak asam dan pedas. Selain itu ciri khas dari makanan yang satu ini adalah penggunaan santan kental. Santan tersebut dihasilkan dari ampas kelapa parut sisa minyak kelapa yang difermentasi hingga kering.

2. Asam Keueng

Asam keueng merupakan makanan khas Aceh yang memiliki cita rasa asam dan pedas yang cukup kuat. Sebenarnya ini hampir mirip dengan tom yam, tapi bedanya makanan khas Aceh ini memiliki warna yang kuning bukan merah.
Asam keueng merupakan makanan yang cocok untuk disantap dengan berbagai jenis ikan, seperti bandeng, teri atau daging bakar.

3. Kuah Sie Itek

Makanan Aceh lainnya yang kaya akan rempah-rempah adalah kuah sie itek. Makanan ini merupakan makanan yang menggunakan bahan dasar daging bebek. Makanan ini memiliki dua varian yaitu kuah sie itek merah dan kuah sie itek putih.

4. Masak Mirah

Masak mirah adalah makanan khas Aceh yang biasanya disajikan pada saat acara pernikahan atau hari-hari tertentu seperti menyambut bulan puasa, atau acara syukuran. Masak mirah merupakan makanan yang dibuat dari bahan daging sapi atau kerbau.

Daging tersebut kemudian diberi bubuk cabai merah yang sudah dikeringkan dan dimasak bersama dengan rempah-rempah. Sehingga hasilnya sangat nikmat dan lezat.

5. Eungkot Paya

Eungkot paya merupakan masakan yang dibuat dari ikan payau yang dimasak bersama dengan bumbu khas Aceh. Ciri khas dari eungkot paya ditambahkannya jantung pisang.
Itulah lima makanan khas Aceh yang wajib dicoba saat sedang liburan ke Aceh.
Link Terkait :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *