7 Makanan Khas Gorontalo dan Penjelasannya, Rasanya Juara!

Indonesia adalah surga bagi pecinta kuliner. Setiap daerah memiliki kekayaan kuliner yang unik dan lezat. Salah satu tempat yang menawarkan kelezatan kuliner yang tak boleh dilewatkan adalah Gorontalo.

Terletak di ujung utara Pulau Sulawesi, Gorontalo memiliki beragam makanan khas yang siap memanjakan lidah kamu. Kelezatan kuliner Gorontalo nggak hanya menggoda perut, tapi juga memberikan pengalaman budaya yang unik.

7 Makanan Khas Gorontalo

Kamu akan menemukan beragam rasa yang tak terlupakan di daerah ini, lho. Kalau berencana mengunjungi Gorontalo atau memiliki kesempatan untuk mencicipi kuliner khas daerah ini, pastikan kamumencoba hidangan-hidangan di bawah.

Yuk, simak rekomendasi makanan khas Gorontalo beserta penjelasannya. Kira-kira manakah yang pernah kamu coba?

1. Binte Biluhuta

Binte biluhuta, atau yang sering disebut milu siram, adalah salah satu hidangan khas Gorontalo yang nggak boleh kamu lewatkan. Meskipun merupakan hidangan sayur, binte biluhuta sangat direkomendasikan, bahkan bagi mereka yang tidak terlalu suka dengan sayuran.

Hidangan ini nggak sekadar berisi sayuran, tapi juga mengandung udang dan ikan cakalang, sehingga memberikan nilai gizi yang tinggi. Nama “binte biluhuta” sendiri memiliki arti “jagung yang disiram,” yang mungkin membuat beberapa orang ragu untuk mencobanya.

Namun, binte biluhuta sangat digemari oleh banyak orang karena memiliki kombinasi rasa yang unik, yaitu pedas, asin, dan manis, yang membuatnya sangat menggugah selera.

2. Ayam Iloni

Salah satu hidangan khas Gorontalo yang nggak boleh dilewatkan adalah ayam iloni. Ayam iloni adalah ayam bakar khas Gorontalo yang memiliki cita rasa yang berbeda dari ayam bakar pada umumnya.

Keunikan dari ayam bakar iloni terletak pada cara pengolahannya. Biasanya, ayam bakar disiapkan dan kemudian dipanggang, tetapi ayam iloni harus dicampur dengan bumbu khas terlebih dahulu agar bumbunya meresap ke dalam daging ayam, lalu dicampur dengan santan.

Setelah bumbu meresap, barulah ayamnya dipanggang hingga matang sempurna. Hasilnya adalah hidangan ayam yang lezat dengan cita rasa khas Gorontalo yang menggugah selera.

3. Perkedel Nike

Biasanya, perkedel terbuat dari kentang yang dihancurkan dan dicampur dengan telur, daun bawang, dan seledri. Namun, di Manado dan Gorontalo, kamu dapat menemui perkedel yang terbuat dari bahan unik, yaitu perkedel nike.

Perkedel nike dibuat dari ikan nike, yang memiliki ukuran sangat kecil dan menyerupai ikan teri. Ikan nike sendiri adalah ikan endemik yang berasal dari danau Tondano dan memiliki tekstur yang berbeda ketika digigit.

4. Tili Aya

Tili aya adalah camilan manis yang khas dari Gorontalo, sering ditemui saat bulan Ramadan. Uniknya, tili aya menjadi hidangan wajib saat hari pertama sahur.

Sayangnya, saat ini tili aya sudah sulit ditemukan karena maraknya makanan siap saji yang dianggap lebih praktis dan membantu menahan lapar saat berpuasa.

5. Pia Saronde

Di Gorontalo, terdapat camilan khas yang disebut pia saronde. Kue pia saronde memiliki rasa gurih dan tekstur renyah. Nama “saronde” diambil dari nama pulau di Gorontalo yang juga terkenal dengan keindahannya.

Untuk mendapatkan pia saronde, Anda bisa mencarinya di depan Gorontalo Mall atau di Jl. Sultan Botutihe 29, Gorontalo. Kue ini merupakan produk homemade yang tidak mengandung pemanis buatan dan bahan pengawet. Kue ini diproduksi setiap hari dalam jumlah terbatas untuk selalu memberikan rasa segar.

6. Bilenthango

Selain ikan cakalang, ikan tuna juga menjadi bahan makanan yang populer di Gorontalo. Bilenthango adalah hidangan khas Gorontalo yang menggunakan ikan sebagai bahan utamanya.

Ikan merupakan salah satu makanan yang sangat baik untuk kesehatan jantung. Menurut penelitian, orang yang rutin mengonsumsi ikan memiliki risiko penyakit jantung yang lebih rendah.

Ikan yang digunakan untuk bilenthango adalah ikan goropoa atau ikan kerapu. Keunikan dari hidangan ini adalah penggunaan daun pisang sebagai alas saat menggoreng ikan, yang membantu mencegah ikan gosong.

7. Ilabulo

Lanjut, ada Ilabulo adalah makanan tradisional khas Gorontalo yang telah ada sejak tahun 15 SM. Ilabulo merupakan makanan yang dulunya disajikan kepada raja-raja Gorontalo sebagai bagian dari proses perdamaian.

Ilabulo terbuat dari bahan dasar ayam, termasuk hati ayam, daging ayam, telur, dan sagu. Bumbu-bumbu seperti bawang putih, bawang merah, cabe rawit hijau, jeruk nipis, dan merica dihaluskan dan dicampur dengan bahan-bahan utama.

Kemudian, adonan tersebut dibungkus dengan daun pisang dan dikukus atau dibakar sebelum dinikmati.

Itulah beberapa rekomendasi makanan khas Gorontalo yang patut kamu coba. Kalau kamu berkesempatan untuk mengunjungi Gorontalo, pastikan untuk mencicipi hidangan-hidangan ini dan menjelajahi kekayaan kuliner yang dimiliki oleh daerah ini.

Selamat menikmati petualangan kuliner kamu di Gorontalo!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Slot Gopay

Slot Mahjong

Slot Gopay

Scatter Hitam

Mix Parlay

Rokokslot

Rokokslot

Slot Mahjong

Scatter Biru

Slot Mahjong

Rokokslot

RTP Slot Gacor

Scatter Pink

Rokokslot

Rokokslot

Rokokslot

Rokokslot

Rokokslot

Rokokslot

Rokokslot

Rokokslot

Rokokslot

Rokokslot

Rokokslot

Rokokslot

Rokokslot

Rokokslot

Rokokslot

Rokokslot

Rokokslot

Rokokslot

Berita Random

Berita Terkini

Pusat Kesehatan

Wisata Masa Kini

Pusat Kuliner

Kamu Harus Tau

Gudang Resep

Berita Seputar Olahraga

Fakta Menarik