3 Makanan Khas Maluku di Bandung untuk Kulineran

abrafin.org – Makanan Khas Maluku di Bandung merupakan opsi menarik untuk kulineran. Memang masih sedikit sulit untuk menemukan hidangan Maluku di Bandung, tapi ini bisa menjadi wisata kuliner yang menantang.

Makanan khas Maluku cukup bervariatif dan mulai banyak diminati oleh masyarakat luar Maluku, karena rasanya yang khas dan autentik. Salah satu makanannya ada papeda.

Daftar Makanan Khas Maluku di Bandung yang Cocok untuk Kulineran

Menu dari Maluku memiliki ciri khas dengan rempah yang kuat sehingga mengasilkan aroma masakan khas. Selain papeda, berikut daftar makanan khas Maluku di Bandung yang bisa dicoba dan dinikmati.

1. Papeda

Istilah Papeda diambil dari singkatan “Papua Penuh Damai”, keunikan nama makanan ini dilihat dari tekstur makanan itu sendiri yang memiliki bentuk seperti lem. Di Papua, papeda sudah menjadi makanan pokok dan sumber karbohidrat.

Makanan ini berupa bubur sagu dan biasanya disajikan dengan ikan tongkol atau bubara yang dibumbui kunyit.

Jika dilihat dari cara masaknya, papeda adalah sagu yang diolah secara khas, sehingga menghasilkan tekstur lembut dan kenyal sebagai ciri khasnya.

Di Bandung, makanan ini sudah memiliki kuliner jajanan kaki lima yang dimodifikasi dari cara olah dan sajian yang menggunakan saus sambal dan bumbu gurih.

2. Ikan Kuah Kuning

Seperti yang disinggung di atas, ikan dengan bumbu kuning alias ikan kuah kuning biasa dijadikan pelengkap hidangan papeda, atau bisa juga disajikan secara terpisah.

Dikutip dari Buku Jelajah Jayapura, Yusak Laksmana (2013:103), ikan kuah kuning memiliki rasa asam segar dari ramuan bumbu kuning dan memiliki aroma daun kemangi yang menonjol. Ikan yang dimasak dalam kuah kuning ini bervariatif, tetapi populernya adalah kakap merah.

Rasanya yang khas dan autentik ini bisa dijadikan kulineran wajib yang menarik.

3. Ikan Asap

Terakhir, makanan khas Maluku yang dapat dicoba di Bandung ada ikan asap atau dikenal juga dengan Ikan Asar. Mengingat Maluku adalah daerah penghasil ikan terbesar di Indonesia, maka tak heran jika Maluku memiliki olahan ikan yang khas.

Sebetulnya memang sama saja dengan ikan asap pada umumnya, tetapi ikan asar ini memiliki cara asap yang berbeda, yakni ikan diletakkan secara diagonal di sisi bara yang menghasilkan asap. Pengasapan dilakukan agar ikan kering dan masak hingga sisi-sisi daging.

Ikan yang sering digunakan dalam pengolahan ikan asar ialah ikan cakalang, ekor kuning, ikan tongkol atau ikan yang memiliki tekstur daging yang padat dan tidak rapuh saat diasapi.

Itulah makanan khas Maluku di Bandung yang dapat dijumpai dan bisa dijadikan opsi kulineran menarik.

Baca Juga

Slot Gopay

Slot x500

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *