5 Kuliner Cirebon Bercita Rasa Khas, Coba Cicipi saat Mudik

5 Kuliner Cirebon Bercita Rasa Khas, Coba Cicipi saat Mudik

abrafin.org – Kuliner Cirebon memiliki cita rasa yang tak kalah nikmat dengan makanan khas daerah lainnya. Itulah mengapa, kota ini kerap dimampiri oleh para pemudik untuk sekadar bersantap siang atau malam.

Cirebon yang dijuluki sebagai Kota Udang penghasil rebon, memilik beragam makanan khas. Mulai dari empal gentong sampai mi koclok, menjadi deretan kuliner wajib dicicipi saat mampir ke kota ini.

Kalau kamu salah satu yang berencana mampir untuk kulineran di Cirebon saat mudik, sebaiknya simak rekomendasi berikut ini. Catat baik-baik, ya!

1. Empal Gentong H. Apud

Empal Gentong H. Apud

Tidak afdal kalau ke Cirebon belum mencicipi empal gentong. Salah satu tempat makan empal gentong legendaris di Cirebon, adalah Empal Gentong H. Apud yang sudah ada sejak 1995.

Hidangan empal gentong sejatinya adalah sajian berkuah santan nan gurih dan kaya rempah, yang diisi potongan daging hingga jeroan empuk. Hangat dan gurihnya kuah empal gentong sangat pas untuk menyegarkan tubuh usai lelah di perjalanan mudik.

2. Es Durian dan Tahu Gejrot Selalu di Hati

Selain empal gentong, Cirebon juga terkenal akan tahu gejrotnya. Salah satu tempat makan tahu gejrot yang bisa kamu sambangi adalah Es Durian dan Tahu Gejrot Selalu di Hati. Ya, sesuai namanya, di tempat makan ini juga ada menu es durian yang menjadi jagoan.

Es durian di sini menggunakan sirop khas Cirebon, yakni Sirop Cap Kelapa Muda. Sirop merah dengan harum khas ini mampu membuat es duriannya terasa semakin manis nan legit.

3. Docang Pak Kumis

Docang adalah hidangan berupa lontong yang dilengkapi daun singkong, taoge, dan sayuran dage atau oncom. Kemudian, makanan ini diberi parutan kelapa dan siraman kuah gurih kaya rempah. Jika kamu belum pernah mencoba docang, maka bisa mampir ke Docang Pak Kumis yang sudah legendaris.

4. Nasi Jamblang Pelabuhan Hj. Sumarni

Tempat makan ini sudah terkenal sebagai salah satu legenda kuliner Cirebon. Beberapa tokoh ternama negara sudah mampir untuk makan Nasi Jamblang Pelabuhan Hj. Sumarni.

Sejatinya, nasi jamblang adalah hidangan nasi yang beralaskan daun pisang atau daun jati. Kemudian, untuk lauknya kamu bisa memilih beragam sajian, mulai dari olahan tahu, tempe, telur, sayuran, paru, dan masih banyak lagi.

5. Mie Koclok Mas Edi

Hidangan satu ini memiliki cita rasa unik dari kuahnya. Jika biasanya mi disiram kuah encer, maka mi koclok dilengkapi dengan kuah santan kental. Biasanya, hidangan ini menggunakan mi kuning yang lengkapi irisan kol, telur, ayam, dan daun bawang.

Bagi kamu yang penasaran dengan cita rasa mi koclok khas Cirebon ini, kamu bisa menemukan warung Mie Koclok Mas Edi yang berlokasi di Jalan Lawanggada.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *