4 Makanan dan Minuman Khas Betawi yang Wajib Dicoba saat Berada di Jakarta

4 Makanan dan Minuman Khas Betawi yang Wajib Dicoba saat Berada di Jakarta

abrafin.org – Jakarta adalah kota yang akan kaya akan budaya dan juga kulinernya. Bagi wisatawan yang datang ke Jakarta wajib untuk mencicipi makanan dan minuman khas Betawi. Hampir semua makanan dan minuman khas Betawi memiliki rasa yang enak dan lezat.

Betawi sendiri merupakan suku asli yang mendiami Jakarta. Meski banyak pendatang yang datang ke Jakarta, tapi makanan dan minuman dari suku Betawi masih banyak ditemukan hingga saat ini.

4 Makanan dan Minuman Khas Betawi

Dikutip dari buku Makanan Khas Betawi karya Lily T. Erwin, (2008) dijelaskan bahwa di Betawi atau wilayah Jakarta, ada beberapa makanan dan minuman khas yang masih dilestarikan hingga saat ini. Sebut saja kerak telor, roti buaya dan lain sebagainya.

Berikut ini adalah beberapa makanan dan minuman khas Betawi yang wajib dicoba ketika sedang berkunjung ke Jakarta.

1. Kerak Telor

Kerak telor adalah salah satu makanan khas Betawi yang paling terkenal dan populer. Kerak telor dibuat dari telur bebek atau ayam yang dikocok dengan bumbu halus, ebi (udang kering), bawang goreng, garam, dan gula pasir. Kemudian campuran tersebut disiram ke atas ketan putih yang telah direndam semalaman.

2. Nasi Uduk

Nasi uduk adalah makanan pokok khas Betawi yang memiliki rasa gurih dan harum. Nasi uduk dibuat dari beras yang dimasak dengan santan, daun salam, daun pandan, sereh, jahe, lengkuas, dan bumbu-bumbu lainnya.

Nasi uduk biasanya disajikan dengan lauk-pauk seperti ayam goreng, empal goreng (daging sapi goreng), telur dadar atau semur jengkol, kentang balado dan lain sebagainya.

3. Bir Pletok

Saat berkunjung ke Jakarta jangan lupa untuk mencicipi salah satu minuman khasnya yaitu bir pletok. Meski namanya bir, jangan membayangkan bahwa minuman ini mengandung alkohol, karena justru sebaliknya.

Minuman ini merupakan campuran dari berbagai rempah-rempah yang memiliki banyak khasiat untuk kesehatan tubuh.

4. Kopi Jahe

Minuman khas tradisional betawi yang lainnya dan wajib dicoba oleh wisatawan adalah kopi jahe. Kopi jahe sendiri dibuat dari campuran kopi dan jahe yang pada akhirnya menghasilkan sebuah minuman dengan aroma yang khas dan juga berkhasiat.

Demikian adalah beberapa rekomendasi makanan dan minuman khas Betawi yang wajib dicoba ketika sedang berada di Jakarta.

Baca Juga

Rokokslot

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *