4 Makanan Tradisional Samarinda yang Wajib Dicoba

abrafin.org – Dulunya Samarinda merupakan daerah Kesultanan Kutai Kertanegara. Jadi, tidak heran jika Samarinda terkenal dengan kekayaan kuliner yang lezat dan unik. Tentunya ada banyak kuliner kekinian hingga makanan tradisional Samarinda yang bisa dicicipi.

Makanan tradisional di Samarinda biasanya dijadikan santapan oleh para Raja. Maka tidak heran, banyak orang yang penasaran akan cita rasa makanan tersebut.

Rekomendasi Makanan Tradisional Samarinda Enak

Cita rasa makanan tradisional dari Samarinda sudah tidak perlu diragukan lagi. Bagi yang penasaran mengenai makanan tradisional Samarinda, berikut ini rekomendasi kuliner yang berhasil menggugah selera.

1. Amplang

Dikutip dari portal.kotawaringinbaratkab.go.id, amplang merupakan camilan sejenis kerupuk dengan rasa ikan yang bervariasi. Jenis amplang yang paling banyak digemari, yaitu amplang tenggiri.

Amplang tersebut dibuat dari ikan tenggiri yang digiling halus lalu dicampur dengan tepung sagu. Kerupuk ini punya aroma yang khas dan rasa gurih yang enak. Cocok digunakan sebagai pelengkap makanan maupun camilan.

2. Pisang Gapit

Para pencinta pisang tentunya bisa mencicipi pisang gapit yang merupakan makanan khas Samarinda. Sesuai dengan namanya, pembuatan pisang ini dilakukan dengan cara dijepit.

Jenis pisang yang digunakan yaitu pisang sanggar atau bisa juga pisang kepok. Pisang yang digunakan biasanya pisang yang tidak terlalu matang.

Untuk rasanya, pisang gapit punya cita rasa manis. Pisang ini dilumuri saus gula aren yang cocok dijadikan sebagai pendamping teh atau kopi.

3. Nasi Bakepor

Dulunya, nasi bakepor hanya bisa dinikmati kalangan raja atau bangsawan yang ada di Kalimantan Timur saja. Hal itu lantaran lauk pauk yang terdapat dalam hidangan ini cukup mewah.

Nasi bakepor merupakan makanan tradisional yang ada di Samarinda, mirip, seperti nasi liwet, karena cara memasaknya menggunakan arang. Untuk cara memasaknya ini hanya perlu mencampurkan nasi setengah matang, cabai, daun kemangi, perasan jeruk nipis, potongan ikan asin, dan lainnya.

Nasi bakepor ini juga dilengkapi dengan daging bumbu kecap, ikan jelawat, sayur terong dengan bawang dayak, ubi manis, gence ruan, dan masih banyak lagi.

Selain itu, sambal raja juga menjadi pelengkap paling sempurna. Sambal raja merupakan campuran dari enam sambal lainnya, seperti sambal goreng terong, kucai, kacang panjang, ikan harian, telur rebus, udang rebus, dan mangga kweni.

4. Lempok Durian

Sesuai dengan namanya, lempok durian terbuat dari bahan utama durian. Makanan ini mirip seperti dodol atau jenang yang punya tekstur lembut dan kenyal.

Cita rasanya manis serta gurih. Makanan ini cocok dijadikan teman minum kopi atau teh. Lempok durian juga bertahan lama atau tidak cepat basi sehingga bisa dijadikan sebagai oleh-oleh.

Itu dia rekomendasi makanan tradisional Samarinda yang bisa dicicipi. Makanan tersebut menawarkan cita rasa yang enak dan unik.

okewla

okewla

okewla

okewla

okewla

okewla

okewla

okewla

okewla

okewla

okewla

okewla

okewla

okewla

okewla

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *