Grombyang: Kuliner Legendaris Khas Pemalang

abrafin.org – Sobat pusat kuliner, apakah kalian pernah mendengar atau bahkan mencicipi kuliner nasi grombyang?

Nasi grombyang merupakan salah satu makanan khas dari Pemalang, Jawa Tengah. Kuliner berbahan dasar nasi dan daging sapi ini disajikan dengan kuah yang kaya akan bumbu rempah. Grombyang ini termasuk salah satu kuliner yang dengan cita rasa dan sensasi yang khas loh sobat. Sekilas tampilannya mirip dengan soto pada umumnya. Bedanya, kuah pada nasi grombyang berwarna cokelat pekat cenderung kehitaman. Hal ini karena dalam pembuatannya diberi rempah kluwak, dimana kluwak kerap dijadikan sebagai pelengkap bumbu masakan.

Banyak orang yang mengatakan bahwa grombyang sekilas mirip dengan kuliner rawon yang tampilannya sama-sama berkuah pekat. Namun, keduanya memiliki sedikit perbedaan yakni kuah dari rawon cenderung lebih pekat dan kental daripada grombyang. Meskipun kaya akan rempah, tetapi kuliner grombyang ini tidak menimbulkan rasa ‘berat’ di lidah konsumen.

Pada umumnya, nasi grombyang disajikan dalam mangkuk berukuran kecil tetapi ada pula yang disajikan dalam mangkuk yang berukuran sedang. Terkadang, dalam penyajian nasinya ada yang dicampur dengan daging, ada pula yang disajikan secara terpisah dan tentu saja hal ini disesuaikan dengan selera Anda masing-masing. Sensasi dagingnya yang empuk dan kuah yang tidak kental, membuat hidangan ini menjadi incaran para pecinta kuliner.

Penamaan kata “grombyang” memiliki arti bahwa dalam penyajiannya, porsi kuah yang diberikan lebih banyak daripada nasi ataupun isian dagingnya sehingga terkesan dapat mengapung di permukaan atau bergoyang-goyang. Di beberapa sajian kuliner ini ada pula yang ditambahkan dengan serundeng sebagai topping bahan pelengkap. Dimana serundeng merupakan olahan parutan kelapa yang telah disangrai dengan diberi sedikit bumbu pelengkap.

Dalam sejarahnya, kuliner nasi grombyang ini tidak diketahui secara pasti kapan dan oleh siapa pencetusnya. Kendati demikian, kuliner nasi grombyang ini tetap menjadi kuliner legendaris khas Pemalang yang banyak diburu dan diincar oleh pecinta makanan. Harga untuk seporsinya relatif terjangkau. Kuliner ini cocok disantap saat musim hujan sebagai penghangat tubuh. Terlebih lagi, apabila disantap dalam kondisi panas atau hangat, dapat menambah nafsu makan serta sensasi kenikmatan tersendiri saat menyantapnya.

Anda dapat menjumpai makanan khas ini di Pemalang, khususnya pada daerah sekitar alun-alun Kota Pemalang. Salah satunya Nasi Grombyang Bpk. H. Warso yang dapat kita jumpai di Jl. R. E. Martadinata No.Kelurahan, Pelutan, Kec. Pemalang, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah. Warung makan ini terkenal akan kuliner legendarisnya yakni grombyang ditambah dengan beberapa menu tambahan lainnya yang tidak kalah memanjakan lidah pecinta kuliner.

Baca Juga:

Scatter Pink

Slot Demo

Slot x500

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *