Jajanan Khas Tulungagung dari yang Asin sampai Manis

abrafin.org – Kota Tulungagung memiliki banyak daya tarik wisata kuliner yang tinggi. Selain makanan berat, ada jajanan khas Tulungagung yang patut dicoba saat berkunjung ke daerah tersebut.

Terdapat kuliner bercita rasa asin hingga manis yang ada di Tulungagung. Soal rasa, tentu begitu unik bagi yang belum pernah mencobanya. Salah satu yang paling wajib dicoba adalah jenang grendol.

Mengenal Jajanan Khas Tulungagung

Jajanan khas Tulungagung tergolong unik karena dibuat dari bahan-bahan alami yang ada di alam. Misalnya dari singkong, kelapa sampai tepung ketan. Di bawah ini adalah beberapa jajanan khas yang patut dicoba saat berada di Tulungagung.

1. Sagon

Menurut buku Menelusuri Tulungagung Lewat Pena karya Alfiah Nur Aini, dkk (hal. 125–128), sagon dapat ditemukan berbagai wilayah Pulau Jawa, termasuk juga di Tulungagung.

Jajanan ini kerap dihidangkan kala Lebaran dengan cita rasa gurih dan manis legit karena dibuat dari buah kelapa yang dikeringkan dan diberi gula. Ketika dimakan, sagon akan lumer di dalam mulut.

2. Gethuk Pisang

Gethuk pisang merupakan jajanan khas Jawa Timur yang sering ditemukan di Tulungagung. Rasanya manis dan sedikit asam serta punya bau yang unik karena dibuat dari buah pisang asli.

Jajanan ini dibuat dengan bungkus daun pisang yang cara membungkusnya mirip dengan lontong. Warna gethuknya merah hati dengan tekstur yang lembut.

3. Jenang Grendol

Jenang grendol merupakan bubur kuah santan bercita rasa manis yang di dalamnya berisi bulatan-bulatan dari tepung ketan dan gula merah yang bertekstur kenyal.

Rasa gurih dari santan kelapa berpadu dengan manisnya gula merah dan aroma pandan yang harum membuat jenang grendol punya banyak penggemar.

4. Klethek Singkong

Klethek singkong adalah kue khas Tulungagung yang terbuat dari singkong parut. Pengolahan klethek dilakukan dengan cara digoreng.

Cita rasanya asin gurih dan pedas karena pembuatannya menggunakan bumbu-bumbu seperti garam, cabai dan daun jeruk.

Itulah empat jajanan khas Tulungagung yang memiliki cita rasa manis dan asin yang layak dicoba. Semuanya enak dan unik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *