5 Menu Kuliner Nusantara yang Jarang Diketahui, Padahal Lezat..!!

5 Menu Kuliner Nusantara yang Jarang Diketahui, Padahal Lezat..!!

Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki beragam budaya, suku, dan ras serta kaya akan berbagai macam rempah-rempah. Keberagaman dan kekayaan tersebut pada akhirnya menciptakan banyak hidangan khas negeri yang jarang diketahui sebelumnya.

Menu paling umum seperti aneka soto, rendang, nasi goreng, dan sate, merupakan beberapa makanan khas Indonesia yang saat ini sudah diakui dunia dan tidak asing lagi di mulut kita semua. Menurut penelitian dari pakar kuliner senior Prof. Dr Ir Murdijati Gardjito, pada tahun 2019 terdapat 3.259 hidangan khas Indonesia.

Memasuki tahun 2023, tentunya wajib mencicipi makanan khas Indonesia lain yang tentunya dapat memanjakan lidah Kali ini, rekomendasi RedDoorz baru-baru ini membuka rahasia pilihan makanan khas dari 5 daerah di Indonesia yang mungkin saja jarang diketahui:

1. Pindang Gombyang Ikan Manyung gurih asal Indramayu, Jawa Barat

Saat mendengar Indramayu, pasti tidak jarang dari kalian memikirkan buah mangga yang khas dari daerah tersebut. Walau lebih dikenal sebagai daerah penghasil mangga, Indramayu juga memiliki hidangan khas yang wajib dicoba, lho! Saat berkunjung ke Indramayu, Anda wajib mencicipi pindang gombyang, kuliner dengan bahan utama kepala ikan manyung yang kemudian dimasak menggunakan bumbu kuning. Rasa asam manis dan gurih dari kuah pindang gombyang, serta kelembutan tekstur daging kepala ikan manyung menjadi rasa yang akan dirindukan para wisatawan ketika berkunjung. Masakan khas satu ini lebih cocok disantap saat masih hangat agar cita rasa dalam pindang gombyang terasa lebih enak, apalagi sembari menikmati pemandangan di pesisir pantai.

2. Cakalang Fufu dengan aroma khas asal Tomohon, Sulawesi Utara

Kota yang dikelilingi tujuh gunung, tujuh air terjun serta tujuh danau ini, selain dikelilingi pemandangan yang indah juga memiliki hidangan khas yang unik. Salah satunya adalah cakalang fufu, yang memanfaatkan ikan cakalang sebagai bahan utama yang dimasak di atas asap sehingga berubah warna menjadi sedikit kehitaman. Jangan takut dengan bentuknya, saat dicampur dengan bumbu serta sambal dabu-dabu yang segar, hidangan cakalang fufu memberikan rasa sedap yang khas saat disantap. Dengan cakalang fufu yang dikeringkan saat diasap, ikan ini dapat dikonsumsi dalam waktu yang lebih lama yang membuatnya cocok untuk dijadikan oleh-oleh dan diolah menjadi berbagai macam hidangan seperti cakalang fufu sambal roa suwir maupun mie kuah.

3. Tempoyak Ikan Patin yang unik asal kota Jambi, Provinsi Jambi

Tempoyak adalah hasil fermentasi dari buah durian. Provinsi Jambi yang terkenal daerah penghasil buah durian, salah satu hidangan khas mereka mengandung buah tersebut, lho! Ikan patin diolah dengan tempoyak dengan cara difermentasi selama tiga hari, lalu dicampur rempah-rempah seperti kunyit, cabai merah, bawang putih dan bawang merah. Cita rasanya segar dan nikmat, perpaduan antara rasa pedas, manis dan asam menyatu dan tentunya menggugah selera.

4. Kepiting Kenari yang manis dan segar asal Balikpapan, Kalimantan Timur

Balikpapan memiliki wisata kuliner melimpah yang wajib dicoba, dan terkenal dengan olahan seafood-nya. Berkunjung ke Balikpapan belum lengkap jika belum mencicipi olahan kepiting, salah satunya adalah kepiting kenari. Kepiting kenari ini adalah jenis kepiting laut yang mengkonsumsi buah kelapa segar yang konon membuat daging kepiting kenari lebih manis dan enak. Olahan kepiting kenari ini sendiri bisa berupa kepiting rebus, lada hitam, saus padang, saus tiram dan lain sebagainya. Selain dimakan di tempat, kepiting ini juga bisa dijadikan oleh-oleh untuk keluarga di rumah, lho.

5. Itik Gambut yang pedas nan manis asal Banjarmasin, Kalimantan Selatan

Ketika mengunjungi Banjarmasin, banyak yang ingin mencicipi Soto Banjar. Namun, ada hidangan khas Banjarmasin yang tidak kalah enaknya, yaitu itik gambut. Hidangan ini cocok untuk yang gemar makan makanan dengan cita rasa gurih. Olahan nasi dan itik yang dimasak dengan berbagai bumbu khas Banjar memiliki cita rasa pedas nan manis yang menyerap hingga ke dalam daging itik. Selain itu, makanan ini umumnya disajikan dalam bungkusan daun pisang. Alhasil, aroma sedap dari masakan ini akan semakin bertambah. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Slot Gopay

Slot Mahjong

Slot Gopay

Scatter Hitam

Mix Parlay

Rokokslot

Rokokslot

Slot Mahjong

Scatter Biru

Slot Mahjong

Rokokslot

RTP Slot Gacor

Scatter Pink

Rokokslot

Rokokslot

Rokokslot

Rokokslot

Rokokslot

Rokokslot

Rokokslot

Rokokslot

Rokokslot

Rokokslot

Rokokslot

Rokokslot

Rokokslot

Rokokslot

Rokokslot

Rokokslot

Rokokslot

Rokokslot

Berita Random

Berita Terkini

Pusat Kesehatan

Wisata Masa Kini

Pusat Kuliner

Kamu Harus Tau

Gudang Resep

Berita Seputar Olahraga

Fakta Menarik