Asal-usul Rendang, Makanan Indonesia Paling Enak di Dunia

Asal-usul Rendang, Makanan Indonesia Paling Enak di Dunia

abrafin.org – Rendang merupakan makanan Indonesia yang pernah mendapat predikat makanan paling enak di dunia. Asal-usul rendang adalah kata “marandang” yang artinya memasak dengan santan sampai kering.

Faktanya, rendang memang merupakan makanan yang dimasak dengan santan. Proses memasaknya sangat lama sehingga kuah santan tampak mengering, bahkan ada juga orang yang sengaja memasak rendang hingga benar-benar kering.

Asal-usul Rendang

Rendang merupakan makanan Indonesia yang berasal dari Sumatra Barat. Makanan tersebut terbuat dari daging sapi dengan perpaduan berbagai bumbu rempah serta santan kelapa.

Asal-usul rendang terbilang unik karena berasal dari kata bahasa daerah. Mengutip dari buku 365 Hari Keliling Nusantara, Kristiani (2019: 33), rendang berasal dari kata “marandang” yang berarti memasak dengan santan sampai kering.

Proses memasak rendang hingga benar-benar matang dan bumbunya meresap sempurna terbilang lama, yakni sekitar 4 – 5 jam. Lamanya proses memasak rendang, membuat makanan asal Sumatra Barat itu memiliki cita rasa yang begitu sempurna.

Rendang memiliki cita rasa pedas, gurih, dan sedikit manis lengkap dengan aroma rempah yang begitu kuat. Oleh karena itu, tidak heran jika rendang pernah memperoleh predikat sebagai makanan Indonesia terenak di dunia.

Alasan Pembuatan Rendang

Secara umum, setiap pembuatan masakan terjadi karena manusia membutuhkan makanan dan menginginkan makanan yang lezat. Hal itu juga berlaku pada masakan Indonesia, misalnya rendang.

Namun, alasan pembuatan rendang bukan sekedar untuk makan. Mengutip dari buku Storypedia Nusantara, Kimberly, dkk. (2013: 48), rendang bermula dari tradisi orang Minang yang suka merantau atau melakukan perjalanan dagang yang memakan waktu lama.

Tradisi tersebut membuat orang Minang membutuhkan makanan yang mudah untuk dibawa dan tahan lama. Solusi dari kebutuhan itu adalah orang Minang membawa rendang sebagai bekal karena tidak mudah basi.

Berdasarkan kondisi itu, rendang di masa kini pun sering menjadi pilihan untuk menjadi bekal perjalanan jauh. Rendang yang akan menjadi bekal biasanya mempunyai bumbu yang kering sehingga tidak mudah basi seperti gulai atau makanan berkuah.

Setelah menyimak penjelasan di atas, diketahui bahwa asal-usul rendang adalah kata “marandang”. Selain itu, makanan khas Sumatra Barat tersebut juga berasal dari kebutuhan orang Minang untuk membawa bekal yang tidak mudah basi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *