5 Kuliner Khas Kota Pontianak, Wajib Dijajal atau Sebagai Oleh-oleh

5 Kuliner Khas Kota Pontianak, Wajib Dijajal atau Sebagai Oleh-oleh

Pontianak merupakan ibu kota Provinsi Kalimantan Barat. Selain kaya akan budaya, kota yang berada tepat di garis khatulistiwa ini memiliki beragam kuliner menarik yang sayang kalau Anda lewatkan ketika berkunjung.

Rekomendasi 5 Kuliner

Bagi yang ingin berkunjung atau berlibur ke kota pontianak ini. Tentunya kamu mencoba beberapa rekomendasi kuliner khas kota pontianak yang kami sajikan di bawah ini. Untuk itu berikut ini lah beberapa makanan khas yang wajib kamu coba ketika berkunjung ke kota ini.

1. Pisang goreng Pontianak

Pontianak memilikki kuliner khas yang banyak digemari, yaitu pisang goreng. Pisang goreng khas Pontianak memilikki keunikan karena tepungnya yang sangat renyah. Hal ini karena tepung pada pisang goreng ini merupakan campuran antara tepung beras dan tepung sagu.

2. Pengkang

Pengkang merupakan kuliner khas asal Pontianak yang mirip dengan nasi bakar. Pengkang dibungkus oleh daun pisang sehingga cita rasa makanan ini sangat sedap. Selain itu, pengkang diberikan sedikit ebi sehingga memilikki aroma yang menguggah selera makan.

3. Lek Tau Suan

Lek Tau Suan merupakan kuliner khas Pontianak yang terdiri atas butiran mutiara kcang hijau. Bahan dasar lek tau suan berasal dari kacang hijau. Makanan ini memilikki rasa yang lezat dan biasanya dihidangkan bersama dengan roti Ca Kwee.

4. Bubur Pedas

Bubur Pedas merupakan salah satu kuliner unggulan dan khas dari Pontianak. Bubur ini memilikki isian yang beragam, mulai dari jagung merah, cambah, kacang panjang, ayam, ikan teri. Bubut ini memilikki aroma yang sedap dengan cita rasa yang unik.

5. Chai Kue

Chai Kue merupakan kuliner unik dari Pontianak. Kudapan ini berbahan dasar tepung beras. Chai Kue banyak dijumpai di Pontianak dan biasanya dijual dengan beberapa toping, seperti bengkoang, rebung, talas, atau kacang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *