5 Makanan Khas NTT yang Unik dan Terkenal Enak

abrafin.org – Nusa Tenggara Timur atau NTT merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang terkenal dengan keindahan alamnya yang luar biasa. Selain keindahan alam, NTT juga terkenal memiliki kuliner yang beragam. Tentunya ada beberapa makanan khas NTT yang sangat terkenal.

Makanan-makanan tersebut menjadi buruan para wisatawan yang datang ke NTT. Selain khas NTT dan tidak bisa ditemukan di tempat lain, makanan-makanan tersebut terkenal memiliki rasa yang enak.

5 Makanan Khas NTT yang Wajib Dicoba Wisatawan

Dikutip dari buku Ragam Kudapan Sumatera, Bali, NTB, NTT dan Papua, Murdijati dkk. (2023), dijelaskan bahwa kuliner khas NTT kebanyakan menggunakan jagung sebagai bahan utama atau campurannya.

Makanan khas NTT menjadi salah satu kekayaan budaya yang menarik perhatian, terutama saat sedang liburan di NTT. Berikut ini adalah beberapa makanan khas NTT yang wajib dicoba oleh wisatawan.

1. Jagung Bose

Jagung bose adalah makanan pokok masyarakat NTT yang terbuat dari jagung, kacang-kacangan, dan santan. Makanan ini dimasak dengan cara direbus hingga mengental dan beraroma harum. Jagung bose biasanya disajikan dengan ikan asin, sambal, atau sayuran.

2. Se’i

Se’i adalah makanan khas NTT yang berupa daging sapi yang diasap dengan kayu pohon kesambi. Proses pengasapan ini membuat daging menjadi kering, berwarna merah, dan bertekstur kenyal. Se’i biasanya disajikan dengan nasi, lalapan, dan sambal.

3. Sambal Colo-colo

Sambal colo-colo adalah sambal khas NTT yang terbuat dari cabai rawit, bawang merah, tomat, garam, dan air jeruk nipis. Sambal ini memiliki rasa yang pedas, asam, dan segar. Sambal colo-colo cocok untuk menemani berbagai jenis makanan, seperti ikan bakar, ayam goreng, atau tempe.

4. Kolo

Kolo merupakan makanan khas NTT yang jarang ditemui di wilayah lainnya. Kolo merupakan nasi bakar khas NTT yang biasanya dimasak dan dibakar di dalam bambu. Proses pembuatan tersebut akhirnya menghasilkan cita rasa yang sangat khas.

5. Rumpu Rampe

Rumpu rampe merupakan jenis tumisan yang dibuat dengan bahan utama adalah daun pepaya dan bunga pepaya. Tumisan ini biasanya dihidangkan sebagai pelengkap di meja makan.

Demikian adalah pembahasan mengenai beberapa makanan khas NTT yang unik dan terkenal memiliki rasa yang enak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *