24 Makanan Khas Bandung Kekinian yang Terkenal Enak, Dijamin Laris!

24 Makanan Khas Bandung Kekinian yang Terkenal Enak, Dijamin Laris!

abrafin.org – Bandung merupakan kota yang terkenal atas kulinernya. Bagaimana tidak, berbagai macam makanan khas Bandung tidak pernah mengecewakan lidah para penggemarnya. Karena kulinernya yang terkenal, tidak sedikit restoran yang turut menyediakan menu khas Bandung juga, lho!

Ingin tahu apa saja makanan khas Bandung kekinian? Yuk, intip beberapa daftar menu makanan yang bisa jadi referensi menu baru di restoranmu!

 

1. Surabi Khas Bandung

Makanan khas Jawa Barat ini, merupakan olahan makanan yang terbuat dari tepung beras. Rasa asli dari surabi pada dasarnya netral, seperti roti. Namun saat ini jenis topping yang bisa dipakai cukup beragam mulai dari yang manis, asin hingga yang pedas pun ada.

2. Batagor

Bakso tahu goreng, alias batagor adalah makanan khas Bandung yang kini sudah mulai populer di berbagai daerah. Sesuai namanya, batagor adalah olahan bakso tahu yang digoreng, kemudian dilumuri dengan saus kacang dan kecap manis.

3. Mie Kocok Bandung

Kurang lengkap rasanya jika membahas kuliner khas Bandung tanpa membahas mie kocok Bandung ini. Kuliner jalanan khas Bandung tersebut merupakan makanan mie yang dicampur dengan kuah yang gurih. Untuk campurannya sendiri yaitu kikil sapi, tauge, dan berbagai aneka sayuran

4. Seblak

Jika Anda sedang mencari makanan yang sedang viral di Bandung, seblak adalah pilihannya. Makanan khas Bandung kekinian ini merupakan makanan yang terbuat dari kerupuk yang direbus. Campuran bumbunya sendiri yaitu kencur, cabai dan bawang putih. Selain itu juga sering ditambah daging ayam seperti paha maupun ceker.

5. Lotek dan Karedok

Perbedaan makanan lotek dan karedok hanya dari bahannya saja. Lotek terbuat dari bahan sayuran matang sedangkan karedok terbuat dari sayuran mentah. Untuk bumbu, keduanya sama-sama terbuat dari kacang tanah, gula merah, kencur dan bawang merah. Lihat resep Karedok disini.

6. Colenak

Colenak adalah makanan tradisional khas Jawa Barat. Bahan utamanya yaitu peuyeum atau tape Bandung yang terbuat dari singkong. Tape tersebut kemudian dibakar lalu ditambah saus gula merah.

7. Bandros

Bandros terbuat dari tepung beras dan santan kelapa. Makanan ini dibuat dengan cara dicetak berbentuk cekung menggunakan cetakan khusus. Setelah matang, bandros akan disajikan dengan saus pedas dan taburan kelapa parut di atasnya.

8. Combro

Pernah mendengar combro? Jika belum pernah mendengarnya, makanan ini terbuat dari singkong yang diparut kemudian dibentuk pipih lalu digoreng. Isian untuk combro biasanya oncom yang dibumbui dengan garam, bawang merah, kencur dan cabai.

9. Cuanki

Makanan khas Kota Kembang yang berikutnya ini mirip seperti bakso. Hanya saja cuanki ini merupakan makanan berkuah tanpa menggunakan mie kuning maupun bihun. Kuahnya gurih dan panas, cocok untuk mengisi perut saat menikmati cuaca dingin di Bandung.

10. Gehu Jeletot

Gehu adalah makanan yang terbuat dari tahu, kemudian dilumuri dengan bumbu tepung basah yang digoreng dengan isian gehu dan bumbu. Sedangkan gehu jeletot, adalah gorengan gehu dengan isian berbahan sayur yang super pedas.

11. Cimol

Jawa Barat, khususnya Bandung, adalah daerah yang punya banyak olahan makanan yang terbuat dari tepung tapioka. Salah satu yang paling populer adalah cimol. Makanan cimol dibentuk seperti bakso, namun bahan dasarnya terbuat dari tepung tapioka, yang direbus lalu dikukus. Setelah itu, tepung yang sudah dibentuk bakso tersebut kemudian digoreng dan dibumbui

12. Pisang Bolen

Sebuah camilan pastry renyah yang berisi pisang dan seringkali ditambah dengan keju atau cokelat. Permukaannya yang garing berpadu dengan isi pisang yang lembut dan manis.

13. Lumpia Basah

Makanan ini terdiri dari kulit lumpia yang lebih tebal dan basah dengan isi utama berupa rebung dan tauge, serta biasanya disajikan dengan saus kacang atau petis.

14. Soto Bandung

Sebuah sup bening yang berisi daging sapi dan lobak putih, disajikan dengan ketupat atau lontong dan ditaburi dengan bawang goreng serta seledri.

15. Peuyeum

Peuyeum merupakan hasil fermentasi singkong yang menghasilkan tekstur kenyal dengan rasa manis khas fermentasi. Bisa dimakan langsung atau diolah menjadi camilan lain seperti colenak.

16. Brownies Kukus

Sejenis kue cokelat yang dikukus sehingga menghasilkan tekstur yang lembut dan moist. Seringkali diberi topping seperti keju atau cokelat.

17. Misro

Gorengan dari singkong dengan isian gula merah yang saat digigit akan meleleh. Permukaan misro biasanya garing sementara bagian dalamnya lembut.

18. Moring

Gorengan khas Bandung yang terbuat dari adonan tepung beras dengan tambahan daun bawang, kemudian digoreng hingga renyah.

19. Lontong Kari

Makanan berbasis lontong yang disajikan dengan kari sapi atau ayam, biasanya diberi tambahan potongan tempe, tahu, dan telur. Kuah kari-nya kental dan gurih

20. Cilung

Camilan yang terbuat dari tepung tapioka dengan isi berupa campuran daging ayam atau udang yang telah dicincang halus, disajikan dengan saus kacang.

21. Tahu Susu Bandung

Seperti tahu pada umumnya namun dengan tekstur yang lebih kenyal dan rasa yang khas. Terbuat dari susu kedelai dan biasanya digoreng hingga permukaannya krispi.

22. Nasi Tutug Oncom

Ini adalah salah satu makanan tradisional khas Bandung yang unik. Nasi tutug oncom terbuat dari nasi yang dicampur dengan oncom (sejenis tempe yang terbuat dari sisa fermentasi kedelai) yang telah dihancurkan. Oncom yang digunakan biasanya yang berwarna oranye karena fermentasi dari jenis jamur tertentu. Campuran nasi dan oncom ini kemudian dikukus hingga matang. Rasanya gurih dengan aroma khas fermentasi yang menarik. Nasi tutug oncom biasanya disajikan dengan lauk pendamping seperti sayur, sambal, dan ikan asin.

23. Ulukutek Leunca

Ulukutek leunca adalah sajian sayur khas Sunda yang menggunakan leunca (atau dikenal juga dengan nama ranti) sebagai bahan utamanya. Leunca adalah buah kecil berwarna hijau yang memiliki rasa sedikit pahit. Dalam masakan ulukutek, leunca dimasak dengan bumbu-bumbu khas Sunda seperti bawang merah, bawang putih, kemiri, sambal, dan teri. Hasilnya adalah sajian sayur dengan kuah yang kental dan rasa yang gurih serta sedikit pedas, dengan sentuhan rasa pahit khas leunca.

24. Batagor Kribo

Batagor Kribo mempersembahkan twist unik pada sajian klasik dengan tambahan labu siam yang memberikan dimensi rasa baru. Komposisi inovatif ini, yang menggabungkan kelembutan labu siam dengan kenikmatan ikan tenggiri, menciptakan sajian Batagor Kribo yang tak hanya lezat namun juga menawarkan pengalaman kuliner yang memikat bagi pelanggan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Slot Gopay

Slot Mahjong

Slot Gopay

Scatter Hitam

Mix Parlay

Rokokslot

Rokokslot

Slot Mahjong

Scatter Biru

Slot Mahjong

Rokokslot

RTP Slot Gacor

Scatter Pink

Rokokslot

Rokokslot

Rokokslot

Rokokslot

Rokokslot

Rokokslot

Rokokslot

Rokokslot

Rokokslot

Rokokslot

Rokokslot

Rokokslot

Rokokslot

Rokokslot

Rokokslot

Rokokslot

Rokokslot

Rokokslot

Berita Random

Berita Terkini

Pusat Kesehatan

Wisata Masa Kini

Pusat Kuliner

Kamu Harus Tau

Gudang Resep

Berita Seputar Olahraga

Fakta Menarik