3 Makanan Khas Padang yang Kaya Rasa

abrafin.org – Makanan khas Padang selalu sukses menggoyang lidah orang Indonesia. Pasalnya, cita rasanya yang penuh rempah membuat siapa saja terpesona. Perpaduan bumbu ala Minang dengan rasa gurih, pedas, dan bersantan membuatnya susah dilupakan.

Yang paling terkenal adalah rendang, tetapi sebenarnya ada lagi kuliner khas Padang yang tak kalah enak. Seperti sate-satean dan sotonya yang kaya rasa.

3 Makanan Khas Padang yang Rasanya Nendang

Makanan khas Padang disebut juga dengan makanan Minangkabau. Mengutip dari buku Makanan tradisional Indonesia Volume 1, Eni Harmayani, dkk. (2017:93),

1. Sate Padang

Sate Padang menjadi salah satu makanan khas Padang yang terkenal. Ada 3 daerah yang menjadi tempat asal makanan ini, yaitu Padang Kota, Padang Panjang, dan Padang Pariaman.

Semuanya menggunakan daging dan lidah sapi sebagai bahan dasarnya. Bisa juga jeroan, seperti usus, jantung, dan paru sapi. Perbedaan ketiganya terletak pada kuahnya. Sate Padang Panjang memiliki warna kuah yang lebih kekuningan berasal dari kunyit yang dominan dalam bumbunya.

Warna kuah sate Padang Pariaman cenderung merah karena cabai dalam bumbunya lebih dominan. Sementara sate Padang Kota merupakan peralihan dari kedua daerah tersebut, warna kuah satenya cenderung lebih kecokelatan.

2. Sate Lokan

Sate lokan adalah salah satu makanan asal pesisir Minangkabau yang berbahan dasae kerang. Jenis kerang yang dipakai adalah kerang hijau atau Perna viridis L.

Ciri khas kerang ini berwarna kuning pucat saat masih mentah. Setelah dimasak atau dipanaskan, maka akan berubah warna dagingnya menjadi oranye kemerahan. Sate lokan dapat dengan mudah dijumpai di kawasan Pasaman, Padang, Pariaman, dan Pesisir Selatan.

3. Soto Padang

Ciri khas soto Padang yang membedakannya dengan soto lain yaitu daging sapinya berbentuk kering atau dendeng yang potongannya kecil-kecil dan dijadikan taburan di atas soto.

Soto Padang dihidangkan dengan kuah dari kaldu sapi yang diberi isian bihun, perkedel kentang dan taburan irisan daging goreng kering yang disajikan bersama nasi. Kuahnya kuning sama dengan soto pada umumnya, tetapi cita rasanya berbeda dan unik.

Tiga masakan khas Padang di atas adalah kuliner asli dari Minangkabau yang rasanya enak, tak kalah dari rendang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *