5 Makanan Khas Kediri yang Wajib di Coba

abrafin.org – Selain terkenal dengan wisatanya, kediri juga terkenal dengan makanan khasnya yang patut untuk di coba. Bagi kamu yang penasaran dengan makanan khas kediri, simak artikel ini selanjutnya.

Salah satu makanan khas kediri yang sangat dikenal yaitu tahu kuning, berdasarkan dari tulisan EKSISTENSI INDUSTRI TAHU KUNING DI KEDIRI TAHUN 1990-2020. Rizky, (2021:2).

Industri tahu kuning di Kediri itu sudah eksis sejak 1 abad yang lalu, yang dimana industri tersebut sekarang dikenal dengan sebutan tahu kuning atau tahu taqwa.

5 Makanan Khas Kediri yang Wajib di Coba

Berikut ini kumpulan makanan khas Kediri yang wajib kamu coba. Saat kamu berkunjung ke Kediri.

1. Soto Kediri

Soto Kediri ini sama seperti soto pada umumnya, tetapi memiliki cara penyajian yang berbeda dan cita rasanya yang khas. Dengan kuahnya yang berasal dari santan menciptakan rasa rasa gurih, teksturnya terasa halus saat dimulut. Sangat sempurna jika di tambahkan ayam bakar.

2. Tahu Kuning

Tahu kuning atau sering di sebut juga tahu takwa, adalah salah satu makanan khas Kota Kediri. Nama takwa di ambil dari bahasa mandarin yang artinya aroma. Direndaman dengan menggunakan kunyit dan bumbu lainnya, menciptakan warna kuning pada tau tersebut.

3. Sate Bekicot

Bukan hanya di prancis yang menyediakan makanan bekicot, di indonesia pun terdapat sate bekicot yang berada di Desa Djengkol, Ploso Klaten, Kediri, lebih tepatnya di kawasan Monumen Simpang Lima Gumul.

4. Gethuk Pisang

Gethuk pisng merupakan olahan yang berbahan utama dari pisang, makanan ini rasanya manis, sedikit asam dan rasa legitnya membuat yang mecicipi ketagihan. Makanan ini berbentuk lonjong seperti lontong, tapi di potong-potong dan dibalut dengan daun pisang.

5. Nasi Pecel Tumpeng

Nasi Pecel Tumpeng adalah nasi yang disajikan di atas “pincuk” atau daun pisang. Biasanya nasi ini dihidangkan saat nasi masih mengepul hangat, lalu diatasnya diberi sayuran daun pepaya, daun kenikir, daun ketela pohon, kacang panjang, buah pepaya muda dan kecambah, dan di siram menggunakan sambal pecel yang nikmat.

Itulah kelima deretan makanan khas Kediri yang wajib kamu coba. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *