abrafin.org – Makanan khas Pekanbaru nggak kalah menarik nih untuk dikepoin. Kental dengan budaya melayu, Pekanbaru memiliki ragam kuliner nikmat yang sangat sayang untuk kamu lewatkan.

Ada banyak varian makanan yang bisa kamu pilih saat berada di kota satu ini. Punya rencana mengunjungi Pekanbaru dalam waktu dekat? Itu tandanya, kamu wajib menyimak terlebih dahulu rekomendasi makanan khas Pekanbaru seperti berikut ini.

Makanan khas Pekanbaru

1. Roti Jala

Roti jala menjadi salah satu makanan khas Pekanbaru yang populer dan diminati banyak orang. Roti satu ini memiliki bentuk khas seperti jaring laba-laba yang bisa disajikan bersama dengan kuah kari.
Penyajiannya terlihat mirip dengan kue canai namun dengan bentuk yang jauh berbeda. Menjelang bulan Ramadhan, roti jala menjadi kudapan yang marak dicari dan mudah ditemui di Pekanbaru.

2. Kue Bangkit

Berikutnya, ada panganan ringan yang juga Pekanbaru banget, nih. Kalau kamu sedang mencari oleh-oleh praktis untuk dibawa pulang, kue satu ini bisa jadi pilihannya.
Kue bangkit terbuat dari bahan dasar sagu, dengan tekstur yang renyah. Salah satu ciri khas dari kue satu ini adalah bentuknya yang kecil-kecil dan menyerupai bunga.
Meski renyah di luar, kue ini akan terasa lembut saat masuk ke dalam mulut dengan perpaduan cita rasa manis dan gurih. Saat ini, ada banyak varian kue bangkit yang bisa kamu temui di pusat oleh-oleh Pekanbaru.

3. Nasi Lemak

Seperti sudah disinggung di atas, Pekanbaru sangat kental akan budaya Melayu. Mulai dari aksen bicara, pakaian tradisional, hingga makanannya.
Seperti nasi lemak yang berasal dari tradisi orang Melayu. Makanan ini dibuat dari nasi putih yang dimasak dengan santan dan daun pandan. Biasanya, nasi lemak disantap bersama beberapa menu pendamping lainnya, seperti telur rebus, tempe orek, ikan asin, dan sambal.
Selain itu, ada pula beberapa penjual yang turut menyediakan sate sebagai pelengkap menu satu ini. Tidak sulit untuk menemukan menu satu ini di Pekanbaru karena hampir di setiap warung kuliner menyediakannya.

4. Lempok Durian

Ingin merasakan sensasi makan durian yang unik dan berbeda? Cobalah lempok durian yang menjadi makanan khas Pekanbaru ini. Makanan satu ini berbentuk seperti dodol dengan bahan dasar daging durian.
Memiliki tekstur kenyal dengan rasanya yang manis berpadu aroma khas buah durian, makanan satu ini mampu menggugah selera siapa saja yang mencobanya. Tak jarang, lempok durian dipilih sebagai teman saat menikmati secangkir teh panas.

5. Asam Pedas Ikan Baung

Beralih ke makanan khas Pekanbaru yang digemari banyak orang, yaitu asam pedas ikan baung. Makanan satu ini kaya akan rempah dengan perpaduan rasa asam dan pedas yang menyegarkan lidah.

Ikannya berbentuk seperti lele, dengan daging lembut, tebal, dan tanpa duri. Wah, wajib banget nih mencoba menu satu ini saat berkunjung ke Pekanbaru.
Memiliki cita rasa masing-masing, itu dia beberapa rekomendasi makanan khas Pekanbaru yang bisa kamu coba. Sudah tahu mau pilih yang mana?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *